Selasa, 10 Februari 2015

HADIST TENTANG PAHALA BERDAKWAH

Ok sob, kali ini saya akan membahas hadist tentang pahala berdakwah. Ya mungkin hanya sedikit pengetahuan tentang ini yang bisa saya bagi, tapi semoga bermanfaat ya... J

عَنْ اَبِي هٌرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهُ ص م : مَنْ َدعَا اِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مَنْ اْلاَجْرِ مِثْلَ اَجُوْرِ مَنْ تَبِعَهُ لَايَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ اَجُوْرُهُمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعًا اِلىَ الْضَّلَالَةِ كَانَ عَلَيْهِ مِنْ اْلِاثْمِ مِثْلُ اِثْمًا مِنْ تَبِعَهُ لَايَنْقَصُ ذَلِكَ اَثَامَهُمْ شَيْئًا. (رواه ابو داود وابو واحمد والنسائ والترمذ)

ARTINYA

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata : Rasalullah SAW bersabda : “Barang siapa yang mengajak kepada kebaikan maka dia akan memperoleh pahala atas perbuatan baiknya itu serta pahala orang yang mengikuti dan melaksanakan kebaikan dengan tanpa dikurangi sedikitpun. Sebaliknya barang siapa yang mengajak kesesatan, kemungkaran, maka dia akan mendapat dosa atas perbuatannya (ditambah) dosa sebanyak dosa yang mengikutinya tanpa dikurangi sedikitpun”. (HR. Abu Daud, Abu Majah, Nasai, dan Tirmidzi).

PENJELASAN

Hadist diatas menjelaskan kepada kita tentang perintah untuk berdakwah, yakni mengajak orang lain dalam kebenaran, kebaikan atau menuju jalan hidayah Allah ; dan bagi siapa saja yang melakukannya, ia akan memperoleh balasan (pahala) atas perbuatan baiknya yang telah dilakukan, dan ditambah pahala-pahala sebanyak orang-orang yang mengikuti peruatan baik yang dianjurkannya. Pahala yang diberikan Allah hingga yang dikarunikannya kepada hamba-hamba-Nya yang di kehendaki.
Hadist tersebut juga memberi isyarat kepada kita untuk tidak berdakwah atau mengajak orang lain, memberi contoh orang lain dalam hal kemaksiatan, kedzaliman, dan keangkaramurkaan. Karena bila keteladanan buruk atau ajakan sesat ini dilakukan, sebagai sangsinya adalah bagi yang memperoleh dosa atas perbuatan sesatnya sedikitpun hingga yaumil kiamah.

KESIMPULAN

  1. Berdakwah adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim. Siapa saja yang dapat melakukannya dengan mengajak orang lain dalam hal kebaikan dan kebenaran, baginya akan mendapat dua kali lipat (kebaikan) pahala. Satu pahala atas perbuatan amal baiknya, dan satu pahala lagi atas keteladanannya dari orang-orang yang mengikutinya.
  2. Sebaliknya siapa saja yang menberi contoh atau teladan kemaksiaatan, maka baginya akan mendapat dosa, ditambah dosa orang-ornang yang ikut bersamanya hal kemaksiatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar